-->

Oktafina Amtop Sebut 85 Relawan Bawaslu Merauke Ikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif

Oktafina Amtop Sebut 85 Relawan Bawaslu Merauke Ikuti Sekolah Kader Pengawas Partisipatif.lelemuku.com.jpg

MERAUKE, LELEMUKU.COM-  Sebanyak 85 relawan yang telah direkrut oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merauke mengikuti sekolah kader pengawas partisipatif yang akan berlangsung selama 3 hari mulai  Senin (13/9/2021).

Ketua Bawaslu Kabupaten Merauke  Oktafina Amtop, S.Sos  menjelaskan bahwa pembekalan  ini sebenarnya sudah harus digelar 2 bulan lalu.

Namun karena kasus COVID-19 yang meningkat apalagi dengan pemberlakukan PPKM di Indonesia sehingga ditunda, dan baru dapat dilaksanakan  sekarang ini.

Menurutnya,  relawan   yang direkrut ini selain berasal dari masyarakat  juga dari mahasiswa yang bukan pendukung atau pengutus salah satu  partai politik.  

‘’Tujuannya adalah  untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat  sejauh mana tentang pemilu dan Pilkada pada tahun 2024  mendatang,’’ terangnya.

Tugasnya, jelas dia adalah melakukan pengawasan  dalam hal ini pencengahan  sehingga tidak  terjadi pelanggaran-pelanggaran sebagaimana diatur dalam  UU Nomor 7 tahun  2017.

Oktafina Amtop juga menjelaskan bahwa kader atau relawan  yang direkrut ini memiliki tugas selama 3 bulan kedepan atau sampai akhir Desember.

Setelah,  maka akan dilakukan perekrutan lagi atau diperpanjang.  ‘’Sekali lagi bahwa mereka ini adalah kader sukarelawan yang memiliki peran dalam melakukan  pengawasan di lapangan.

Kalau misalnya terjadi pelanggaran, maka  mereka ini  yang akan menginput data kemudian melaporkan kepada Bawaslu,’’ tandasnya.(infopublik/diskominfomerauke)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel