-->

Murad Ismail Buka Pelaksanaan UKW PWI Maluku Tahun 2021


AMBON, LELEMUKU.COM - Gubernur Murad Ismail membuka secara resmi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Maluku tahun 2021.

Pembukaan UKW yang berlangsung, jumat (10/09/2021), diikuti 18 wartawan dari berbagai media di bumi raja-raja ini. Turut dihadiri Plh Sekretaris Daerah Maluku, Sadli Ie, Sekretaris Kota Ambon, A.G Latuheru, Ketua PWI Pusat Atal Depari. Dengan penguji Izack Tulalesy, Suardi Tahir, Suparto.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan UKW yang dilaksanakan PWI merupakan upaya bersama dan menjadi momentum strategi untuk meningkatkan kualitas dan profesionalistas ke-wartawan-an serta menghindari terjadinya penyalahgunaaan profesi wartawan.

Untuk itu, setelah mengikuti UKW, dirinya meminta wartawan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab peliputan pers menghasilkan karya jurnalistik dengan benar, bermanfaat dan bermartabat.

Tak hanya itu, berita dan informasi yang diberitakan pers harus betul-betul merefleksikan realitas, sesuai Undang-Undang (UU) nomor 40 tahun 1999 tentang pers maupun kode etik jurnalistik, bukan sekedar kabar angin, opini, fantasi atau perkiraan wartawan itu sendiri.

"Jadi informasi benar harus di cek dan diricek, sesuai lagu mars dan apa yang menjadi cita-cita PWI yang profesionalisme, berlandaskan takwa yg dimiliki oleh anggota PWI,"pintanya.

Terlepas hal tersebut, dirinya menyatakan sikap akan selalu semua kegiatan yang dilaksanakan wartawan yang bisa membantu pemerintah daerah, dengan memmberitakan hal baik, untuk kemajuan daerah.

"Pemda sangat menghormati dan mendukung sepenuhnya kebebasan pers dan tidak membatasi kegiatan jurnalistik yang dilaksanakan wartawan, namun sebliknya mewartawakan berita menyejukan berita sehingga investasi tidak segan-segan masuk ke Maluku,"harapnya. (Laura Sobuber)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel