-->

Sugianto Sabran Siap Berangkatkan 216 Orang Kontingen Kalteng pada 18 Cabor ke PON XX Papua

Sugianto Sabran Siap Berangkatkan 216 Orang Kontingen Kalteng pada 18 Cabor ke PON XX Papua.lelemuku.com.jpg

PALANGKA RAYA, LELEMUKU.COM - Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran setuju dan sepakat untuk memberangkatkan 18 cabang olahraga (Cabor) dari Kalteng untuk berlaga di PON Papua bulan depan. Hal ini disampaikan Gubernur saat melakukan silaturrahmi bersama pengurus KONI Kalteng, Kadispora dan Ketua Pengprov Cabor, di halaman Istana Isen Mulang, Kamis sore (26/8/2021).

Gubernur H. Sugianto Sabran meminta KONI Kalteng dan Pengprov Cabor untuk memperhatikan kondisi atletnya agar terjaga dan tidak terkena Covid-19 yang nantinya akan tidak bisa berangkat PON. Dirinya menegaskan atlet yang berangkat untuk menjaga kondisi dan di karantina baik secara mandiri dan kelompok yang juga siap difasilitasi Pemprov hingga melakukan tes PCR dalam dua tahap, agar atlet sehat, aman ke PON Papua. Selain itu, Gubernur juga meminta kontingen untuk membawa misi budaya Kalteng ke nasional agar lebih dikenal lagi.

“Berdasarkan penjelasan Ketua KONI, kami mengapresiasi atas upaya yabg dilakukan , sehingga atlet cabor yang berlaga di PON Papua, siap berangkat. Namun demikian, tentunya harus memperhatikan prokes dan juga aman dari covid,” kata Gubernur Sugianto, disambut aplaus oleh pengurus KONI dan Pengprov Cabor.

Gubernur Sugianto yang didampingi Pj Sekda Prov. Kalteng H. Nuryakin, meminta kontingen Kalteng selain berlaga di PON Papua, juga menampilkan budaya khas Kalteng baik saat pembukaan, berlaga dan sikap yang baik, karena membawa nama baik Kalteng.

“Kami tidak minta muluk-muluk untuk atlet, kalau membawa medali emas perak atau perunggu ya syukur alhamdulillah, tapi kalaupun belum berhasil tentunya jangan patah semangat. Yang penting atlet, pengurus dan yang berangkat harus sehat kembali,” ungkap orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini.

Sementara itu, Ketua KONI Kalteng Eddy Raya Samsuri melaporkan sebanyak 18 cabor yang lolos PON Papua, dan untuk Venue kegiatan di Kota Jayapura sebanyak 8 cabor, Kabupaten Jayapura 3 cabor, Kabupaten Mimika 4 cabor , dan Kabupaten Merauke sebanyak 3 cabor.

“Untuk jumlah kontingen Kalteng sebanyak 216 orang, termasuk tim pengamanan kepolisian sebanyak 30 personil dari Polda Kalteng. Untuk vaksinasi semua atlet juga sudah dilakukan dua kali oleh Pemerintah. Kami juga terus berupaya agar dapat memperbaiki peringkat, dimana di PON Bandung 2016 sebelumnya urutan 24 dari 34 Provinsi, dengan mendapat 3 emas, 3 perak dan 4 perunggu,” kata Eddy.

Gubernur Kalteng siap membantu dan mendukung dari sisi anggaran demi suksesnya kontingen PON Kalteng di Papua.

“Saya minta KONI koordinasikan dengan pak Sekda, dan Pemprov, untuk segera dilakuan tes PCR bagi atlet, sehingga kita tahu kondisi atlet. Apabila ada yang positif segera di karantina dan upaya pemulihan. Nanti H-14 juga di karantina dan tes PCR lagi agar semuanya dapat terkendali. Pemprov siap bantu. Yang penting atlet ini berangkat aman, nyaman, semangat dan kondisi baik. Tolong juga jaga nama baik daerah dan budaya selama di Papua,” pesan Sugianto.

Silaturahmi juga dihadiri sejumlah anggota Satgas PON yang melaporkan singkat kegiatan monitoring terhadap atlet yang melaksanakan pelatda.(AS/Foto:Ist

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel