-->

Sri Mulyani Sebut PPKM Beri Dampak Anjlok Luar Biasa untuk Ekonomi

Sri Mulyani Terus Terang, PPKM Beri Dampak Luar Biasa untuk Ekonomi.lelemuku.com.jpg

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati berharap dengan mulai menurunnya kasus Covid-19, ekonomi di Tanah Air bisa mulai pulih.

"Karena, terus terang, PPKM sejak Juli dan awal Agustus memberikan dampak luar biasa. Mobilitas kita drop 17 persen," ujar Sri Mulyani dalam rapat bersama Dewan Perwakilan Rakyat, Senin, 30 Agustus 2021.

Artinya, kata Sri Mulyani, angka tersebut menunjukkan bahwa apabila Covid-19 merebak maka dampak terhadap ekonomi akan menjadi sangat dalam. Karena itu, ia meminta semua pihak terus menjaga agar Covid-19 terus terkendali.

"Ini partisipasi semua orang penting melalui disiplin protokol kesehatan dan vaksinasi," kata Sri Mulyani

Sri Mulyani mengatakan PPKM menyebabkan sektor ritel dan rekreasi turun 13 persen. Begitu pula dengan sektor grocery dan farmasi yang biasanya positif, kini menukik ke bawah.

"Indeks belanja yang dihitung Bank Mandiri turun ke 73,3 dari level di atas 100. Indeks transaksi belanja BCA juga mengalami kontraksi 6,02 persen," kata dia.

Indeks keyakinan konsumen juga anjlok di bawah 100. "itu kelihatan sekali tajam," kata Sri Mulyani. Begitu pula dengan indeks penjualan ritel yang mengalami penurunan.

Karena itu, ia mengatakan kebijakan pemerintah membuka kembali pusat perbelanjaan, namun dengan protokol kesehatan yang ketat, adalah sebuah upaya agar ekonomi dapat pulih kembali. Di sisi lain, ia berharap Covid-19 tetap bisa dikendalikan.

"Karena kelihatan sekali, begitu Covid-19 naik, seluruh kegiatan sosial ekonomi terpukul," kata Sri Mulyani. "Jadi PPKM memang memberikan konsekuensi luar biasa bagi kita semua." (Caesar Akbar| Tempo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel