-->

Petrus Fatlolon Ajak Warga Tanimbar Junjung Kearifan Lokal di HUT 76 RI


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon bersama Ketua TP-PKK Joice Fatlolon Pentury mengenakan pakaian bernuansa Tais atau Tenun Tanimbar di Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia (RI) ke-76 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 17 Agustus 2021. 


Ia menjelaskan nuansa pakaian adat dengan topi yang dikenakannya adalah warisan dari para Leluhur di Pulau Selaru.

"Memang semua hampir mirip, tetapi ada kekhususan sendiri dan ini adalah kekayaan budaya kita," ungkap dia.

Pakaian adat itu mencerminkan kearifan lokal budaya Tanimbar, maka Fatlolon minta agar budaya pakaian adat itu jangan sampai dilupakan generasi muda Tanimbar.  

Selain itu, Fatlolon mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Esa di HUT RI ke-76 dengan poin yang  harus diambil adalah semangat kemerdekaan bagi semua di Tanimbar yaitu merdeka dalam ketahanan pangan.


"Luar biasa Bumi Duan Lolat ini, ditengah-tengah kondisi Pandemi spao saat ini tidak ada masalah mengenai pangan," sebutnya.

Pangan di setiap desa dari ujung Molumaru hingga Selaru tercukupi dengan baik dan masyarakat Tanimbar mengatasinya dengan tanaman pangan lokal.

Ia berharap penurunan angka terjangkit covid-19 yang trendnya makin menurun dengan sangat penting menjaga agar tidak sampai meniadi wabah di Tanimbar. (Laura Sobuber)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel