-->

Celestinus Eigya Munthe Sebut Hasil Rapid Antigen Bupati SBB Positif Terkonfirmasi Covid-19

Celestinus Eigya Munthe Sebut Hasil Rapid Antigen Bupati SBB Positif Terkonfirmasi Covid-19.lelemuku.com.jpg
Direktur Utama RSUP Leimena, Celestinus Eigya Munthe - terasmaluku.com

AMBON, LELEMUKU.COM – Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, Muhammad Yasin Payapo, meninggal dunia di kediamannya dikawasan Galunggung, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Minggu (01/08/2021).

Yasin sempat dibawa ke rumah RSUP Dr Leimena, pada 31 Juli 2021, guna mendapatkan perawatan medis. Namun pada Minggu (01/08/2021), dirinya minta untuk pulang ke rumah.

Kepada wartawan, Direktur Utama RSUP Leimena, Celestinus Eigya Munthe, mengatakan pihaknya telah melakukan Rapid Tes Antigen kepada Almarhum M. Yasin Payapo, dimana hasilnya terkonfirmasi positif covid-19.

“Bersamaan dengan beliau, ada putrinya yang juga terkonfirmasi COVID-19. Tadi pagi pukul 08.30 WIT, bapak Bupati, meminta pulang untuk isolasi mandiri di rumah. Dan dokter pada saat itu melihat Bupati layak pulang melakukan isolasi mandiri, apalagi didampingi oleh putrinya yang seorang dokter. Kemudian kita juga memberikan obat penurun darah tinggi, yang satu efeknya itu sering buang air kecil, makanya dokter perintahkan pasang kateter,” jelasnya.

Munthe juga membantah kabar beredar bahwa M. Yasin Payapo, meninggal dunia di RSUP Leimena. “Kami ingin luruskan saja, beliau meninggalkan bukan di sini, tapi di rumahnya”tandasnya.

Terkait dengan proses pemakaman Almarhum M. Yasin Payapo, dia mengaku, pada saat yang bersangkutan meninggal di rumahnya, pihaknya telah mengkoordinasikan hal itu bersama Satgas COVID-19 Maluku.

“Jadi nanti akan ada tindak lanjut dari Satgas . Dan walaupun meninggal di rumah, tapi pasiennya kan sudah terkonfirmasi COVID-19, maka pemakamannya akan dilakukan sesuai tata cara pemakaman COVID-19, ” jelasnya.

Diungkapkannya, pihaknya siap membantu Satgas COVID-19 Maluku dalam proses pemulasaran M. Yasin Payapo. “Seandainya mereka membutuhkan tim pemulasaran dari rumah sakit, maka kami siap bantu, ” tuturnya.

Ditempat yang sama, Dokter Febby, yang merupakan Spesialis Paru RSUP Leimena mengaku, awal masuk rumah sakit, M. Yasin Payapo datang dengan keluhan, sesak nafas, demam.

“Dari hasil pemeriksaan laboratorium, bahwa Almarhum juga mengalami infeksi di bagian paru-paru. Jadi kalau mau lihat kabar berkembang, menyebutkan beliau sakit maag dan asam lambung, itu tidak," tandasnya.(indonesiatimur.co)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel