-->

6 Dasawisma Sifnana Meriahkan Lomba 10 Program Pokok PKK di Tansel


SIFNANA, LELEMUKU.COM – Desa Sifnana di Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) menyiapkan 6 Dasawisma dalam Lomba 10 Program Pokok Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tingkat Kecamatan pada Minggu, 22  Agustus 2021.

Ketua TP-PKK Desa Sifnana, Oli Sesermudi mengungkapkan keenam dasawisma tersebut adalah Dasawisma Sereh, Kumangi, Bayam, Buah Naga, Lidah Buaya dan Pepaya.

“Kami bersama-sama membersihkan lingkungan dasawisma, penanaman tanaman yang ada di setiap kebun masing-masing, kegiatan kerja bakti, pembersihan setiap lingkungan. Kami pun data kembali setiap warga,” ungkap dia kepada Lelemuku.com.



Oli berterima kasih kepada TP-PKK Kecamatan yang selalu setia mendampingi pihaknya dalam lomba tersebut demi adanya pemberdayaan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman, sehat, dan mandiri.

Ia akui masih banyak kesulitan dari berbagai hal, namun dirinya tetap memotivasi seluruh dasawisma untuk tetap bersyukur, bersatu dan sukseskan  setiap program pemerintah.

“Sudah terbukti dalam lomba yang sama di tahun lalu, Sifnana meraih peringkat 1 tingkat kecamatan. Kami syukuri kegiatan penilaian PKK di hari ini dengan menampilkan yang terbaik,” tambah Oli.

Kepala Desa (Kades) Sifnana, Stanislaus Sesermudi mengatakan pihaknya selalu mendukung semua kegiatan dari TP-PKK dengan mengarahkan semua ketua RT dan RW di desa yang dipimpinnya.

 
“Terima kasih atas program pemerintah dari kecamatan hingga kabupaten, kami siap mendukung, mendorong, memberikan motivasi kepada setiap ibu dasawisma,” ucap dia.


Sesermudi menambahkan untuk merangkul semua warga, ia lakukan komunikasi yang intens.  

“Walaupun ada tantangan, kami berusaha sedapat mungkin untuk bisa terus saling komunikasi dalam mempersiapkan desa songsong hari kemerdekaan,”  tambahnya.

Sebelumnya, Ketua TP-PKK Tansel, Bibiana Fenanlampir mengatakan penilaian lomba 10 Program Pokok PKK mengacuh pada 8 Indikator, diantaranya Pendidikan Masyarakat, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Sodial dan Budaya, Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Patisipasi Masyarakat.


Dalam setiap dasawisma yang terdiri dari 10 hingga 20 Ibu Rumah Tangga akan menampilkan kreasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah yang ditanami dengan Obat Keluarga (Toga) dan tanaman lain yang mampu meningkatkan kesehatan dalam keluarga.

“Penilaian mengarah pada pemberdayaan anggota keluarga yang turut mengambil peranan penting dalam satu kesatuan keluarga yang sejahtera,” kata dia.

Bibiana menjelaskan usai penilaian tingkat kecamatan akan ditetapkan satu desa sebagai juara yang kemudian akan dilombakan lagi di tingkat kabupaten yang terdiri perwakilan 10 kecamatan. Kecamatan yang terbaik akan mewakili Tanimbar di tingkat provini hingga tingkat nasional.

“Penilaian juga tentang Hatinya PKK, seperti halaman asri, teratur, indah, dan nyaman. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Jambore PKK,” ujarnya.


Kemudian, Camat Tansel, Vincen Fenanlampir mengemas kegiatan lomba 10 Program Pokok PKK dengan Lomba Dasawisma dan Rukun Tenggara (RT) Indah dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76.

“Kami sangat mendukung sepenuhnya, bersama TP-PKK Kecamatan berkolaborasi teristimewa menyongsong HUT RI ke-76. Kami padukan lomba ini,” sebut dia.

Fenanlampir berharap setiap desa di Tansel dapat terlibat dalam semua program yang dipadukan menjadi satu kesatuan guna menunjang dan meningkatkan peran serta partisipasi masyarakat dengan kembali ke tatanan gotong royong.

“Kegiatan ini mampu untuk menjadikan Kabupaten Tanimbar sebagai kabupaten yang berbudaya dengan saling bahu-membahu,” tutup camat. (Laura Sobuber)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel