-->

Siaga COVID-19, Pemdes Tumbur Aktifkan Posko 24 Jam


SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Desa (Kades) Tumbur di Kecamatan Wertamrian, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Rafael Folatfindu menindaklanjuti Instruksi Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKMBM) dan Optimalisasi Posko Penanganan dan Pengendalian COVID-19 sejak 8 Juli hingga 20 Juli 2021.

“Sesuai instruksi, kami mengaktifkan posko pencegahan penyebaran corona,” ungkap dia kepada Lelemuku.com pada Sabtu, 17 Juli 2021.

Folatfindu mengatakan posko tersebut diberlakukan selama 24 jam tepat di pintu masuk desa tersebut yang dijaga secara bergantian oleh aparat desa. 

Posko itu dilengkapi dengan air pencuci tangan, sabun, cek suhu tubuh, masker dan buku tamu.

Ia juga menyebutkan pihaknya senantiasa menyampaikan imbauan Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) dan patuhi protocol kesehatan (Prokes) kepada seluruh masyarakat desa. Ketaatan prokes di desa itu mencapai 75 persen.

Folatfindu menambahkan dirinya cukup kewalahan untuk mengajak masyarakat terlibat dalam vaksin corona. 

Dari sebanyak 1.000 lebih jumlah penduduk, yang terdata secara sukarela mengikuti vaksin baru sebanyak 75 orang.

Ia pun meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk turun langsung ke desa memberikan sosialisasi tentang  vaksinasi, karena masyarakat desa masih tidak percaya dengan manfaat dari vaksin itu.

“Kami sudah meminta mereka, tetapi mereka tidak percaya tentang vaksin. Banyak pertanyaan yang mereka berikan, alangkah baiknya Dinkes bisa turun menyampaikan sosialisasi,” pinta Folatfindu. (Laura Sobuber)


Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel