-->

Piloliyanga Siap Wakili Boalemo untuk Bersaing Bersaing di Desa Cinta Statistik

Piloliyanga Siap Wakili Boalemo untuk Bersaing Bersaing di Desa Cinta Statistik .lelemuku.com.jpg

TILAMUA, LELEMUKU.COM – Setelah keikutsertaan Desa Limbato Kecamatan Tilamuta dalam ajang nasional, Kabupaten Boalemo kembali bersaing dengan 16 ribu desa yang ada di Indonesia, untuk meraih predikat Desa Cantik, yang merupakan program gagasan Badan Pusat Statistik (BPS).

Adalah Desa Piloliyanga Kecamatan Tilamuta, salah satu dari 100 desa se Indonesia yang terpilh sebagai Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) untuk mewakili Kabupaten Boalemo.

Penyematan Desa Piloliyanga sebagai Desa cantik tersebut, dicanangkan Plt. Bupati Boalemo Anas Jusuf bersama Kepala BPS Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif, Kepala BPS Boalemo Awaluddin Kurusi Sekda Boalemo Sherman Moridu, Kadis Kominfo Statistik Persandian Boalemo Ulkia Kiu, yang ditandai dengan pemukulan kentongan, Kamis (24/6/2021) di gedung Bumdes Dusun Modini Desa Piloliyanga.

Plt. Bupati Anas Jusuf mengatakan, desa cinta statistik ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat turut menilai kinerja pemerintah, sesuai data yang tersedia dan bisa diakses masyarakat.

    “Desa Cinta Statistik ini memang harus menjadi pemahaman kita semua, perlu kita sosialisasikan kepada masyarakat, karena kadang kala sebagian masyarakat didalam menilai sesuatu, tidak berdasarkan kajian-kajian objektif, hanya berdasarkan pemikiran sendiri, padahal dipemerintah ini sudah tersedia semua data yang bisa kita akses untuk menilai sebuah kegiatan, apakah tepat sasaran atau tidak yaitu melalui angka-angka yang disajikan oleh Statistik,” kata Plt. Bupati.

Selanjutnya Plt. Bupati Anas Jusuf menambahkan, penghargaan yang diberikan tersebut melalui kajian dan penilaian yang objektif, dimana hal itu merupakan kolaborasi dan kerja sama antara Kepala Desa, yang didukung oleh seluruh perangkat desa dan masyarakat.

    “Kita tidak boleh berpuas diri terhadap langkah ini, masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita lakukan, kita semua harus mampu bersinergi dengan baik untuk melaksanakan pembangunan Indonesia dari tingkat desa, karena desa sudah bukan lagi menjadi objek pembangunan saja, namun sudah menjadi subjek itu sendiri,” ujar Plt. Bupati Anas Jusuf.

Sementara itu Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo Mukhamad Mukhanif dalam kesempatan tersebut mengatakan, Desa Piloliyanga sangat layak untuk menjadi desa cantik, dan bisa menjadi desa percontohan untuk kedepan. (diskominfoboalemo)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel