-->

Petrus Fatlolon Puji Upaya Petani Jaga Ketahanan Pangan Nasional di Daerah Perbatasan


ADAUT, LELEMUKU.COM - Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon memuji kegiatan  panen raya padi Kelompok Tani (Poktan) Ndaranaman di Desa Adaut, Kecamatan Selaru menjadi model dan teladan bagi pertanian di daerah tersebut.

"Saya akan berkunjung di desa-desa lain di Tanimbar dan bilang kepada para petaninya harus mencontohi dan meniru apa yang telah dibuat di Adaut. Ini adalah terobosan yang bagus di bidang pertanian," ungkap dia seperti dikutip tifatanimbar.com pada Selasa, 6 Juli 2021.

Fatlolon mengatakan padi yang diproduksi gabungan Poktan Ndaranaman sangat membantu pemerintah dalam upaya menjaga dan memastikan ketahanan pangan nasional, khususnya di daerah perbatasan.

“Ini telah ikut serta membantu pemerintah dalam hal memastikan ketahanan pangan lokal di Tanimbar sebagai wilayah perbatasan,” ucapnya.

Fatlolon pun mengapresiasi kerja keras Kepala Dinas Pertanian, Jemmy Watumlawar dan staf, yang selalu memberikan pendampingan, penyuluhan dan bantuan kepada Poktan di lahan padi kering seluas 40 hektar itu.

Sementara itu, Kadis Watumlawar mengungkapkan pihaknya kini bergerak maju menjawab kendala kurang ketahanan pangan di daerah tersebut.

“Menjawab kebutuhan itu, kami menggalakkan kegiatan pengembangan padi lahan kering sejak tahun anggaran 2020 di negeri bertajuk Duan Lolat ini, diatas areal seluas 300 Hektar,” ungkap dia.

300 Ha tersebut difokuskan pada kecamatan wilayah sentra produksi padi, diantaranya Tanimbar Selatan (Tansel) seluas 35 Ha, Wertamrian 40 Ha, Nurunmas 15 Ha, Kormomolin 15 Ha, Wuarlabobar 45 Ha dan Selaru seluas 115 Ha.

“Program 300 Ha lahan padi kering ini, akan panen tahun 2021 sebagai penyangga ketahanan pangan lokal,” ujar Watumlawar.

Pengembangan padi itu merupakan bantuan benih untuk luasan 40 Ha dengan bibit atau benih sekitar 2.000 Kilogram atau 2 ton. Waktu pelaksaanaan pengembangannya dimulai dari proses penanaman hingga panen atau produksi selama 3 bulan yaitu, sejak 4 April hingga 6 Juli 2021.

Sementara pengembangan 300 Ha lahan padi kering di Tanimbar, termasuk lokasi Ndaranaman Adaut bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pengembangan produksi dan produktifitas tanaman pangan tahun 2020 dari Satuan Kerja Dinas Pertanian (satker Distan) Provinsi Maluku tahun anggaran 2020. (Laura Sobuber)



Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel