-->

Lukas Enembe Akan Lockdown Provinsi Papua Selama Agustus 2021

Lukas Enembe Akan Lockdown Provinsi Papua Selama Agustus 2021.lelemuku.com.jpg
JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Gubernur Papua, Lukas Enembe menyatakan pemerintah provinsi (pemprov) akan menetapkan kebijakan lockdown pada Agustus 2021. Langkah ini untuk memutus penyebaran varian Delta dari Covid-19 di Papua.

"Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepada masyarakat Papua agar dapat melakukan persiapan dan mengantisipasi Surat Edaran Gubernur yang akan datang. Sebab direncanakan bahwa Provinsi Papua akan menutup akses keluar dan masuk, baik jalur penerbangan maupun perairan. Penutupan tersebut diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 1 Agustus-31 Agustus 2021," kata Juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus dalam rilis media pada Selasa (20/7).

Ia mengatakan Gubernur Enembe akan melakukan evaluasi secara berkala terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di Provinsi Papua sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Papua Nomor: 440/7736/SET.

"Surat Edaran tersebut masih berlaku hingga tanggal 25 Juli 2021, untuk itu Gubernur Papua meminta kepada seluruh stakeholders terkait agar dapat bersinergi dan bergerak lebih cepat dan tepat guna memastikan situasi pandemi Covid-19 di tanah Papua tidak semakin parah," kata dia.

Ia juga mengatakan pada Rabu 21 Juli 2021 akan direncanakan sebuah rapat oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua atas instruksi Gubernur guna membahas evaluasi PPKM Mikro yang tengah berlangsung dan akan berakhir pada 25 Juli 2021 nanti.

"Kebijakan ini akan dibahas dan dimatangkan lebih lanjut pada rapat evaluasi oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua pada rabu 21 Juli 2021 nanti."

Dikatakan penerapan lockdown dan penutupan akses masuk dan keluar daerah, baik jalur penerbangan maupun laut di seluruh Provinsi Papua dikecualikan untuk kepentingan PON dan Perpanas..

"Penutupan akses keluar-masuk Provinsi Papua dikecualikan pada aktivitas yang berhubungan dengan PON XX Papua 2021 dan PEPARNAS XVI Papua 2021. Gubernur Papua Lukas Enembe mengharapkan agar Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua dapat menjalankan kebijakan-kebijakan yang telah maupun yang akan dikeluarkan oleh Pemprov Papua. Hal ini bertujuan untuk memperlancar persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 dan PEPARNAS XVI Papua 2021 serta lebih jauh lagi untuk menyelamatkan setiap nyawa penduduk di Tanah Papua dari ancaman virus Covid-19," ujar dia.

Enembeh menambahkan, Sebagai Tuan Rumah PON XX dan PEPARNAS XVI, Papua akan terus berupaya agar opsi kehadiran penonton dapat menyemarakkan kedua pagelaran tersebut. Untuk itu,

"Gubernur Papua Lukas Enembe juga berpesan kepada Bupati dan Walikota se-Provinsi Papua agar dapat mengebut dan menambah akselerasinya dalam melakukan vaksinasi kepada seluruh warga di Papua demi tercapainya herd immunity jelang PON XX Papua 2021 dan PEPARNAS Papua 2021 yang akan diselenggarakan 73 hari lagi," tutup Darus.

Sebelumnya kasus penularan Covid-19 di Papua kembali meningkat. Hal ini baru diketahui setelah hasil pemeriksaan laboratorium bahwa ada pandemi Covid-19 varian delta sudah dideteksi di Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika.(Albert Batlayeri)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel