-->

Bangun Akses Transportasi, Tasageoby Group Operasikan kapal WIG di Maluku


AMBON, LELEMUKU.COM - Gubernur Maluku Murad Ismail mengapresiasi dan mendukung rencana investor Australia, Tasageoby Group, yang akan berinvestasi pada sektor transportasi di Provinsi Maluku.

Sarana transportasi yang akan dioperasikan Tasageoby Group melalui anak perusahaan Air Maluku adalah WIG (Wing In Ground) Craft atau kapal WIG di wilayah Maluku.

“Dengan hadirnya WIG Craft di kawasan ini nantinya, diharapkan dapat menyelesaikan salah satu permasalahan klasik terkait moda transportasi untuk provinsi kepulauan seperti Maluku,” kata Gubernur saat menerima Chief Executive Officer (CEO) Tasageoby Group Stuart Janes dan jajaran direksinya di kediaman pribadi Gubernur, Poka, Ambon, Jumat (2/7/2021).

Untuk diketahui, Kapal WIG adalah kapal multimodal yang dalam mode operasional utamanya, dapat terbang melalui efek bantalan udara yang bekerja pada sayap di atas permukaan air, tanpa kontak konstan dengan permukaan, dan didukung di udara terutama oleh daya angkat aerodinamis yang dihasilkan pada sayap atau lambungnya, atau bagian yang dirancang untuk memanfaatkan aksi ground effect.

Meskipun kapal WIG dapat berfungsi baik sebagai kapal maupun pesawat, menurut CEO Tasageoby Group Stuart Janes, antara International Maritime Organization (IMO) dan International Civil Aviation Organization (ICAO) mengklasifikasikan moda transportasi ini sebagai kapal.

"Biaya pengoperasian transportasi WIG Craft akan jauh lebih murah dibandingkan pesawat komersil biasa. Bahkan kelebihannya, selain jarak yang relatif pendek, kapal WIG dapat mendarat di sejumlah titik di Maluku, hanya mengandalkan pendaratan atau dermaga WIG (floating dock) yang tidak terpengaruh kondisi pasang atau surut," jelas Stuart. (DiskominfoMaluku)

Tentang Kami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner IDwebhost

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel